|
Rafflesia arnoldii Mekar di Kaur PDF Cetak E-mail

Satu kuntum rafflesia arnoldii kembali mekar di Padang Guci Kabupaten Kaur provinsi Bengkulu pada hari Rabu 2 September 2015. Bunga tersebut mekar dengan sempurna mempunyai kelopak lima dengan diameter 55 centimeter dan akan bisa dinikmati hingga hari 3 hari kedepan.

Bunga rafflesia yang mekar ini merupakan satu dari empat bonggol rafflesia yang ditemukan warga Manau Sembilan pada Agustus yang lalu. Awalnya bonggol rafflesia ini diduga oleh KPPGPPL adalah jenis R. bengkuluensis. Namun setelah mekar, dengan memperhatikan ramenta yang ada di dalamnya rafflesia ini merupakn jenis arnoldii. Dalam lokasi terdapat tiga bonggol yang masih dalam fase kopula, satu bonggol yang sudah mekar, dan satu tetrastigma.

Lokasi bunga mekar tepatnya berada di kawasan hutan  di pinggir sungai Tanah Abang desa Manau Sembilan Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu yang berjarak sekitar 6 kilometer dari desa. Untuk menjangkau wilayah ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua hingga perkebunan penduduk, lalu berjalan sekitar 10 menit hingga kelokasi bunga mekar.

Desa Manau sembilan terletak di jarak sekitar 200 kilometer di selatan Ibu Kota Provinsi Bengkulu, 60 kilometer dari kota Manna Bengkulu Selatan, dan 50 kilometer dari kota Bintuhan Kabupaten Kaur.

Salam Lestari !