|
Eiji Yokoyama Sahabat KPPL dari Jepang (Part 1) PDF Cetak E-mail

13 Oktober 2012 lalu merupakan awal percakapan saya dengan Eiji Yokoyama dari Jepang. Sebuah pesan masuk berbahasa inggris yang berisi apresiasi yg tinggi untuk aksi KPPL (Komunitas Peduli Puspa Langka) dalam menyampaikan informasi tentang Rafflesia arnoldii dan Amorphophalus titanum (bunga bangkai) ke seluruh dunia lewat jejaring sosial facebook.

Hello, Mr. Sofian:

I highly appreciate the action of KPPL. Unique nature is a treasure of Bengkulu, and also of the world.

Please keep your facebook, and deliver the information (especially in Rafflesia arnoldii and Amorphophalus Titanum) to the world.

Sincerely yours, Eiji Yokoyama, from Japan

Sebelumnya saya tak menyangka, ternyata nun jauh di belahan dunia sana ternyata ada yang terus memantau informasi keberadaan puspa langka yang terus di promosikan oleh Komunitas Peduli Puspa Langka melalui facebook dan juga websitenya. Saya pun menyimpulkan ternyata KPPL mampu menembus batas dunia, ya ... semua ini tak luput dari peran dunia maya, yang seperti tanpa batas semua informasi dapat berterbangan ke mana saja.

Semenjak dapat pesan pertama tersebut saya pun terus rajin menginformasikan ke Yokoyama san perihal bunga Rafflesia arnoldii dan juga Amorphophalus titanum yang akan mekar berikutnya, berharap suatu saat dia bisa berkunjung ke Bengkulu, Bumi Rafflesia.

Hello, Mr. Sofian:

Thank you for your message. Bengkulu is really the land of Rafflesia.

Iím excited that I may be able to see the flower of Amorphophalus titanum on Dec 2012 or on Jan 2013. I hope that Rafflesia and Amorphophalus will bloom at the same time. Please inform me or update your facebook, when Rafflesia or Amorphophalus starts to bloom.

Sincerely yours, Eiji, from Okinawa-Japan

p.s. I understand that no one can guarantee to see the flowers of Rafflesia or Amorphophalus in their natural habitat. So please feel free to give me their information.

Bengkulu memang Bumi Rafflesia yang sebenarnya, mengapa ? karena bunga Rafflesia di Bengkulu mekar setiap bulan sepanjang tahun di hutan hujan tropis yang ada di Provinsi Bengkulu. Sepanjang tahun 2012 saja yang terpantau komunitas sudah 33 kuntum Rafflesia yang mekar di Bengkulu, dan di tahun 2013 terpantau 11 kuntum Rafflesia yang mekar diantaranya ada yang mekar kembar, sungguh momen yang langka dan mengagumkan.

Two Rafflesia flowers?!! You are very lucky to live in Bengkulu.

I am planning to go to Bengkulu immediately when Amorphophalus titanum blooms. Please keep in touch with me.

Eiji Yokoyama tinggal di Tokyo, dia bekerja pada sebuah perpustakaan dan bidang keahliannya adalah Ilmu Biologi. Yokoyama san sangat tertarik dengan tanaman dan juga hewan. Umurnya sekarang 43 tahun dan sudah menikah.

9 Januari 2013 merupakan hari pertama Yokoyama san menginjakan kakinya di Bumi Rafflesia, saya, bang Krishna Gamawan dan seorang guide yang jago berbahasa Jepang menyambutnya di bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu.

Hari itu juga Yokoyama san menuju konservasi Amorphophallus milik keluarga Pak Holidin di Desa Tebat Monok Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, sayangnya bunga bangkai Amorphophallus titanum sudah menguncup kembali, tetapi itu tidak membuat Yokoyama san kecewa, "I was satisfied today !!" katanya.

Keesokan harinya Yokoyama san berkunjung ke Lebong Tandai, kunjungannya ke sini hanya utk menaiki kereta mini yang ada di sana yang di kenal dengan nama "Molek". Sebelumnya Yokoyama †san mengetahui "Molek" dari video yang di tontonnya di You Tube.

Dear Mr. Sofian:

I came back from Molek. Molek was great!!

Thank you for your kind help. I really enjoyed Bengkulu. I will return to Japan tomorrow.

Sincerely yours,

Eiji Yokoyama, Mr.

13 Januari 2013 Eiji Yokoyama kembali ke Negeri Sakura. Sudah 5 hari 4 malam Yokoyama san berada di Bumi Rafflesia dan saya pun berharap dapat berjumpa lagi dengannya di pertemuan berikutnya.

Bayangkan seorang Jepang, jauh-jauh datang ke Bengkulu hanya untuk melihat puspa langka Bengkulu dan juga Kereta Mini "Molek". Sungguh sebuah perjalanan yang luar biasa !

*****

Bersambung di Part 2 :)