|
Merayakan HUT KPPL ke-3 di Tengah Rimba Bukit Jupi PDF Cetak E-mail

Siang itu cuaca sungguh cerah dan bersahabat sekali seolah tahu bahwa hari ini (Minggu, 15 Desember 2013) kami (Komunitas Peduli Puspa Langka) akan melakukan penjelajahan ke tengah rimba Bukit Jupi di kawasan hutan Lindung Kabupaten Kepahiang.

 

Kami ingin merayakan HUT ke-3 KPPL disana, walau memang hari jadi KPPL sebenarnya adalah tanggal 18 Desember, kami merayakannya lebih awal karena hari Minggu merupakan waktu yang tepat utk berkumpul bersama teman-teman komunitas.

 

 

Sebelum memulai penjelajahan ke Bukit Jupi, kami semua berkumpul di konservasi bunga bangkai milik Holidin bersaudara di desa Tebat Monok Kab. Kepahiang. Saat itu kami tidak berjumpa dengan Pak Holidin karena beliau sedang berada di Kabupaten Seluma, tetapi saudara-saudara beliau seperti Pak Zul, Pak Burman, Pak Jumadi, Pak Bambang dan Pak Hadi menyambut kami dengan ramah dan siap memandu kami menuju lokasi.

 

Penjelajahan pun di mulai dengan berjalan kaki menuju ke pintu rimba Bukit Jupi yang mengharuskan kami mendaki dengan medan yang lumayan berat. Dari Kota Bengkulu kami semua berjumlah 12 orang ditambah 3 orang teman yang berasal dari Kepahiang dan 5 orang saudara Pak Holidin yang menjadi pemandu kami, totalnya adalah 20 orang.

 

 

Bukit Jupi yang berada di kawasan hutan lindung Kab. Kepahiang ini sungguh masih sanggat asri, pepohonan besar yang menjulang tinggi dan juga tanaman hutan tumbuh sangat  subur, sinar matahari pun masuk di sela-sela daun dan pepohonan. Kami melewati anak sungai yang mengalir deras dengan bebatuan yang terhampar di tengah-tengahnya. Tanah hutan yang licin dan juga serangan pacet yang membabi buta menjadi tantangan kami untuk terus mendaki hingga menuju lokasi yang menurut kami pas utk berkumpul.

 

 

Pendakian ini sungguh melelahkan, saya pribadi merasakan betis ini rasanya seperti mau pecah :) akhirnya saya berhenti sejenak utk beristirahat diatas sembari menunggu teman-teman yang masih berada di belakang. Perjalanan masih jauh dan ini baru awalnya saja kata Pak Bambang salah satu pemandu kami.

 

Vita, srikandi KPPL yg ikut dalam ekspedisi ini terjatuh terpeleset karena licinnya jalur yg harus di daki sehingga bibirnya sempat lecet, walau begitu dia tetap tersenyum dan bersemangat utk terus sampai ke lokasi yang di tuju. Pacet-pacet pun semakin ganas menyerang kami, satu persatu kami pun harus membuang pacet yang hinggap maupun menggigit di kaki-kaki kami, bekas gigitan pacet pun meninggalkan bercak-bercak darah.

 

 

Sampailah kami di tengah rimba Bukit Jupi, ratusan pohon pinus raksasa menjulang tinggi, sungguh sejuk udara disini, terdengar kencang suara angin yang berhembus di puncak-puncak pohon. Daun-daun pinus yang berguguran menutupi tanah hutan bak permandani coklat yang terhampar.

 

Penjelajahan pun terus dilanjutkan, hingga kemudian kami sampai di hutan Meranti. Ini pohon meranti 100 kata Pak Zul pemandu kami, kita sudah sampai, ratusan Pohon Pinus dan juga Pohon Meranti yang ada di tengah Bukit Jupi ini adalah program penghijauan yang dilakukan pemerintah bersama masyarakat kepahiang 20 tahun silam.

 

Kami pun akhirnya menemukan spot yang tepat utk kami berkumpul dan memulai acara HUT KPPL ke-3. Perayaan hari jadi ke-3 KPPL ini berlangsung sederhana, khitmat dan penuh keakraban. kami berdoa bersama di tengah rimba ini memohon kepada Tuhan Sang Pencipta agar kami senantiasa di beri kekuatan dan juga semangat utk terus berjuang dalam rangka pelestarian dan penyelamatan puspa langka yang ada di Bengkulu Bumi Rafflesia.

 

 

KPPL juga menyampaikan donasi dari masyarakat utk pengelolaan konservasi puspa langka kepada keluarga Pak Holidin yang telah berjuang, peduli dan tetap semangat utk melestarikan Bunga Rafflesia dan juga Bunga Bangkai.

 

Kami (KPPL) menyadari bahwa perjuangan kami, perjuangan komunitas belumlah mencapai apa yang di harapkan, tapi kami tetap "survive" sampai 3 tahun ini walaupun masih banyak kekurangan yang kami miliki. Terima kasih buat semua teman-teman komunitas, pemerhati lingkungan dan juga semua masyarakat Bengkulu.

 

 

Happy Anniversary 3rd Komunitas Peduli Puspa Langka, tetap semangat slalu !!! Salam Rimbawan ! Salam Lestari !